5 Rekomendasi Wisata Alam di Jogja

0
85
5 Rekomendasi Wisata Alam di Jogja

TourGASM.net5 Rekomendasi Wisata di Jogja – Setiap musim liburan tiba, pasti selalu saja terbersit dalam hati ingin berkunjung ke kota kota wisata yang memiliki suasana yang tidak akan terlupakan tapi dengan harga yang sangat terjangkau. Jika iya, tenang, kita memiliki pemikiran yang sama.

Dari banyaknya destinasi kota wisata, entah kenapa Jogja selalu memiliki daya tarik untuk membuat wisatawan kembali lagi ke kota ini. Mungkin salah satu alasannya adalah karena jogja memiliki segudang destinasi wisata yang tidak akan cukup dihabiskan dalam jangka waktu satu kali liburan. Untuk itu, disini saya akan membahas sekitar 5 Rekomendasi Wisata Jogja di Tahun 2019 yang tentunya akan tetap seru dan takkan terlupakan. Dimana saja destinasi wisata itu? Baca terus artikel ini ya.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di daerah Kulon Progo wilayah barat Provinsi Yogyakarta. Air Terjun Kedung Pedut memiliki keunikan dalam hal aliran sungai yang membentuk undakan undakan air terjun dengan panorama air yang jernih.

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut

Selain itu air terjun kedung pedut juga memiliki beberapa spot yang bisa kalian gunakan untuk mengambil foto dan sekaligus bermain air. Spot Pertama di bagian atas merupakan sumber air yang mengairi air terjun kedung pedut dimana diatasnya terdapat spot juga untuk melakukan Flying Fox setinggi 30 Meter.

Spot kedua merupakan Air Terjun Kedung pedut dengan ketinggian kurang lebih 3 meter yang dibawahnya terdapat sebuah spot untuk berendam dan berenang dengan kedalaman 4 meter loh! Daripada bingung buat ngebayangin gimana asyiknya ber wisata di Air Terjun Kedung, yuk langsung berangkat kesana guys! Hihi Nah, buat kalian yang ingin kesana, bisa browsing alamat Kedung Pedut dibawah ini.

Alamat Wisata Air Terjun Kedung Pedut: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat wisata di jogja kedua yang bakal bikin kamu merasa kembali ke alam adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Kenapa harus kesini? Pertama karena biaya tiketnya yang murah. Kedua karena dari atas gunung api purba nglanggeran, kalian bisa melihat indahnya kota jogja dari Lantai 2 Jogja loh!

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki ketinggian 700m dpl, sepengalaman saya, untuk mencapai puncaknya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 45 – 60 Menit. Jadi, buat kalian yang jarang banget olahraga, siap siap saja untuk berkeringat disini.

Menurut penelitian, Gunung Api Nglanggeran ini merupakan gunug berapi yang pernah aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu dan merupakan gunung yang berasal dari gunung api dasar laut yang terangkat dan menjadi daratan.

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Booking Hotel di Kota Yogyakarta Sekarang!

Embung Nglanggeran

Next! Wisata berikutnya yang terletak tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanngeran adalah Embung Nglanggeran. Embung nglanggeran merupakan telaga buatan yang memiliki fungsi sebagai penampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani di area sekitar ketika kemarau.

Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran

Wisata Embung Nglanggeran sendiri diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013 loh! Jadi, embung nglanggeran masih merupakan Wisata Baru di Jogja yang Wajib kalian kunjungi! Selain karena tempatnya yang sejuk, Embung nglanggeran juga dikelilingi oleh perkebunan buah yang merupakan hasil pertanian penduduk sekitar. Tidak cukup sampai disitu, Embung nglanggeran juga merupakan tempat yang sangat cocok digunakan untuk melihat Sunset di sore hari. Jadi, kapan mau kesini?

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Tebing Breksi

Dari arah gunung kidul, yuk alihkan perhatian kita menuju wilayah timur Yogyakarta dekat dengan area wisata Candi Ratu Boko. Tebing breksi merupakan bekas pertambangan batu kapur yang disulap oleh warga sekitar sebagain tempat nongkrong dan menikmati keindahan alam jogja dari ketinggian.

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Tebing Breksi memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki beberapa spot foto yang unik, diantaranya seperti ukiran naga pada dinding tebing, kemudian ada alun alun di bagian tengah yang mirip seperti panggung kecil dan bisa digunakan untuk acara acara kebudayaan dan acara lainnya.

Sedikit saran dari TourGasm, jika ingin mengunjungi Tebing Breksi harus pintar memilih waktu. Nah, waktu yang pas untuk mengunjungi tebing breksi adalah di pagi hari sekitar jam 08.00 – 10.00 atau jika tidak sekalian sore hari sekitar pukul 15.00 – 17.00. Kenapa? karena tebing breksi merupakan area terbuka, maka jika kalian memaksa kesana di siang hari, cuaca akan terlalu panas dan menyengat. Untuk lokasi menuju tebing breksi, berikut saya lampirkan alamat tebing breksi yogyakarta.

Alamat: Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55572

Booking Hotel di Kota Yogyakarta Sekarang!

Ekowisata Taman Mudal

Dari ujung timur jogja, kita melesat cepat ke ujung barat Yogyakarta yaitu daerah Kulon Progo. Sebenarnya, di kulon progo sangat banyak wisata alam, namun karena pada postingan ini kita hanya membahas 5 wisata alam di yogyakarta maka untuk objek wisata lainnya, akan dibahas di artikel lainnya ya! Nah, Objek wisata yang akan dibahas disini yaitu Ekowisata Taman Mudal.

Ekowisata Taman Mudal
Ekowisata Taman Mudal

Taman Mudal merupakan mata air yang terpancar dari gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Penamaan Mudal ini dilakukan karena sumber air disini selalu memancarkan air sepanjang tahun dan dapat memenuhi kebutuhan pipa pipa warga di sekitarnya loh. Aliran air di taman mudal ini bergerak ke arah yang lebih rendah dan menghasilkan beberapa lokasi lain seperti kembang soka dan air terjun kedung pedut.

Untuk waktu yang pas mengunjungi lokasi Ekowisata Taman Mudal yaitu di pagi hari dan pastikan kalian belum mandi. Jadi akan terasa kesegaran mata air alami disini. Untuk harta tiket masuk ke ekowisata taman mudal tidak terlalu mahal kok, kalian hanya perlu menyiapkan uang sekitar 5000 Rupiah untuk masuk dan membayar biaya parkir saja. Nah, untuk alamat Ekowisata Taman Mudal bisa dilihat di bawah ini.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Nah, setelah membaca artikel tentang 5 Rekomendasi Wisata Alam di Jogja ini, mana tempat yang sudah dan ingin kalian kunjungi berikutnya? Jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin di tanyakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here